Di Era Komunikasi Digital Orang Tua dan Anak Harus Saling Belajar

- Selasa, 1 Desember 2020 | 19:46 WIB
ilustrasi orang tua dan anak bermain gawai. (thinkstockphotos)
ilustrasi orang tua dan anak bermain gawai. (thinkstockphotos)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Era digital saat ini telah menimbulkan adiksi terhadap gawai. Sebagai lingkungan sosial terkecil, keluarga menjadi ujung tombak dalam membangun komunikasi yang efektif.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat Setiaji menyebut, era digital telah membuat penggunaan gawai (gadget) sebagai salah satu kebutuhan primer di masa kini. Media sosial (medsos) menjadi salah satu isi pada gawai yang banyak menarik atensi penggunanya.

“Media sosial kadang membuat kita lupa pada sekitar. Bangun tidur, langsung lihat hp (handphone), sehingga gawai seolah jadi kebutuhan primer,” katanya dalam webinar bertema “Budaya Komunikasi Cerdas Bermedia Sosial dalam Keluarga” yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Diskominfo Provinsi Jabar, Selasa (1/12/2020).

Di era pandemi, ketergantungan pada gawai semakin meningkat, termasuk bagi anak-anak yang harus belajar secara daring. Kondisi itu membuka ruang dan waktu lebih lebar bagi mereka untuk mengakses medsos.

Sayangnya, medsos tak melulu berisi materi aman. Informasi bohong (hoaks) menjadi salah satu hal negatif yang berseliweran di dunia maya.

“Tahun ini. Sekitar 5.000 hoaks di Jabar sudah kami tangkal. Ketika pandemi, 40% hoaks yang beredar berkaitan dengan Covid-19,” bebernya.

Kaum ibu yang tergabung dalam DWP pun diminta berperan aktif menangkal hoaks dan hal negatif lainnya. Peranan itu terutama dapat dilakukan di keluarga masing-masing, melalui pemahaman atas komunikasi di era digital serta hal-hal yang harus ditangkal.

Dia memandang, pemahaman atas komunikasi di era digital pada gilirannya akan meningkatkan literasi digital keluarga secara khusus, maupun masyarakat Jabar pada umumnya.

“Peningkatan literasi digital di Jabar juga akan menaikkan indeks kebahagiaan masyarakat Jabar,” cetusnya.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Cara Beli Fan Token $Persib Persib di Socios

Selasa, 27 September 2022 | 14:25 WIB