Korban Selingkuh Rentan Trauma Hingga Ingin Bunuh Diri

- Kamis, 11 Maret 2021 | 20:21 WIB
Ilustrasi selingkuh. (freepik)
Ilustrasi selingkuh. (freepik)

CIREBON, AYOCIREBON.COM -- Mengetahui kekasih selingkuh bukan hanya bisa menyakitkan hati. Bagi beberapa orang, perasaan cinta yang dikhianati juga bisa mengganggu kesehatan mentalnya.

Psikiater dr. Aimee Nugroho, Sp.KJ., mengatakan, trauma bisa menjadi dampak psikologis paling umum yang bisa dialami korban perselingkuhan.

"Biasanya mereka akan merasa paranoid, yang seringkali saya temukan beberapa malah ada yang berkembang menjadi diagnosis waham tetap. Jadi memang betul suaminya selingkuh terus udah nggak selingkuh lagi, tapi parno ngecek handphone melulu, sampai nungguin di kantor suaminya karena karena trauma. Itu  jadi waham menetap," jelas Aimee dalam siaran langsung Instagram, Kamis (11/3/2021).

Dampak ketiga yang mungkin terjadi  adalah menyebabkan perasaan sedih berlebih hingga depresi. Bahkan dampak paling ekstrem, menurut Aimee, sampai muncul perasaan ingin bunuh diri.

"Beberapa tahun lalu ada kejadian di Surabaya, seorang laki-laki yang bunuh diri dikarenakan istrinya selingkuh. Jadi bisa sampai depresi, sampai bunuh diri. Kemudian ketiga, mungkin terjadi kepercayaan dirinya menurun," kata Aimee.

Dampak ketiga itu rentan dialami oleh perempuan yang diselingkuhi pasangannya. Menurut Aimee, biasanya perempuan menjadi rendah diri dan merasa dirinya tak lagi menarik bagi pasangannya.

 "Sehingga merasa itu yang menyebabkan pasangannya selingkuh," imbuhnya.

Walau tidak berdampak secara psikologis, seseorang yang menjadi korban juga berpotensi balas dendam untuk berbalik selingkuh. Aimee menjelaskan, potensi berbalik selingkuh itu disebabkan kebutuhan kedekatan emosional dari orang lain ketika perasaannya tengah terluka.

"Salah satu faktor orang selingkuh itu mencari kedekatan emosional. Kadang kedekatan emosional itu salah satunya adalah perasaan balas dendam, karena dia merasa ada orang yang bisa memahami emosinya ketika hancur sehingga dia merasa kedekatan secara emosi," paparnya.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

5 Syarat Wajib Haji yang Harus Dipenuhi

Senin, 4 Juli 2022 | 17:25 WIB