Mendongeng, Alat Perekat Hubungan Orang Tua dan Anak

- Minggu, 21 Maret 2021 | 14:35 WIB
Ilustrasi dongeng. (Pixabay)
Ilustrasi dongeng. (Pixabay)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Hubungan anak dengan orang tua sedang diuji di masa pandemi. Meski jadi banyak waktu bersama ketika di rumah, nyatanya tidak sedikit orang tua yang kelimpungan mengajari anaknya dalam belajar.

Belum lagi mereka yang sudah menginjak usia remaja, berdiam diri di rumah dengan ocehan orang tua tidak ubahnya membuat mereka merasa sangat jenuh hingga menjadi stres.

Salah satu solusi atas masalah ini lantas dijawab mantap oleh Yeni Hadianti, “(Dengan) mendongeng,” ucapnya, Selasa (16/3/2021).

Ia adalah ketua dari Kampung Dongeng Cimahi (Kadoci), ciri khasnya membawa boneka tangan bernama ‘Neng Geulis’ atau Nenglis.

Ia percaya bahwa dongeng dapat menjadi jalan keluar untuk kembali merekatkan hubungan dengan anak serta mengalihakannya dari kecanduan gawai, terutama saat pandemi.

“Dongeng itu bisa menjadi sebuah media komunikasi untuk membentuk karakter anak menjadi lebih positif. Kemudian dapat menjadi media pembelajaran yang menarik bagi anak,” imbuhnya.

Dengan mendongeng, lanjutnya, anak-anak dapat terkondisikan secara emosi karena menurutnya ketika dibacakan dongeng, anak-anak akan merasa bahagia. Metode yang digunakan beragam jenisnya, dapat berupa boneka tangan, gestur tubuh, ekspresi, hingga menggunakan suara karakter.

Namun perlu dibedakan cara penyampaian dongeng untuk remaja dan anak-anak. Ia memberi saran agar cerita yang ditunjukkan bagi anak dapat berupa cerita binatang (fabel) karena mereka masih di tahap pra-operasional konkret atau banyak berimajinasi. Sedangkan untuk remaja, dapat diceritakan tentang kisah-kisah.

“Ceritakan dongeng lima menit saja, maka itu akan menjadi sebuah kenangan yang indah bagi anak, dan jangan lupa bahwa dongeng mempunyai kekuatan pesan yang luar biasa sehingga dapat membentuk karakter anak yang orang tua cita-citakan,” tutupnya. (Ghina Tsuroya)

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini