Cara Tawakal Menurut Nabi dan Doa Mempermudah Urusan Hidup

- Senin, 5 April 2021 | 19:55 WIB
Ilustrasi ibadah (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Ilustrasi ibadah (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

AYOCIREBON.COM -- Bertawakal dan berdoa sejatinya adalah satu kesatuan atau perkara saling mengisi dalam kehidupan beragama. Tawakal adalah sikap menyerahkan diri pada Allah SWT, tidak bergantung pada selain-Nya. Sementara doa jadi penyempurna dari sikap tawakal.

Mengutip Republika.co.id, menurut cerita seorang sahabat Nabi SAW, Anas bin Malik, pada suatu hari ada seorang laki-laki berhenti di depan masjid untuk mendatangi Rasulullah. Unta tunggangannya dilepas begitu saja tanpa ditambat. Rasulullah bertanya, ''Mengapa unta itu tidak diikat?'' Lelaki itu menjawab, ''Saya lepaskan unta itu karena saya percaya pada perlindungan Allah SWT.''

Maka Rasulullah menegur secara bijaksana, ''Ikatlah unta itu, sesudah itu barulah kamu bertawakal.'' Lelaki itu pun lalu menambatkan unta itu di sebuah pohon kurma.

Suatu penjelasan yang gamblang mengenai tawakal telah diberikan Rasulullah lewat peristiwa itu. Bahwa sesudah manusia berusaha, lalu menyerahkan hasilnya pada ketentuan Allah, itulah tawakal menurut ajaran Islam.

Sementara itu, untuk menyempurnakan tawakal, maka sangat dianjurkan apabila ikhtiar dan sikap pasrah tersebut dibubuhi oleh doa yang bisa mempermudah urusan yang kita tengah lakukan.

Di dalam Al-Quran, terdapat sejumlah ayat yang bisa dijadikan doa untuk mempermudah segara urusan kehidupan kita. Mengutip Ayobandung.com, berikut beberapa di antaranya.

Surat Al Kahfi ayat 10

“Rabbannaa ‘aatinaa miladunka rohmatan, wahayyi, lanna min amrinaa rosyadaa.”

Artinya: “ Ya Allah berikanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini.”

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Cara Beli Fan Token $Persib Persib di Socios

Selasa, 27 September 2022 | 14:25 WIB