Cara Memperkenalkan Kucing Baru ke Kucing Lama, Butuh Identifikasi dan Adaptasi

- Jumat, 25 Juni 2021 | 15:59 WIB
Cara Memperkenalkan Kucing Baru ke Kucing Lama. (Reuters/Thomas Peter)
Cara Memperkenalkan Kucing Baru ke Kucing Lama. (Reuters/Thomas Peter)

Artikel ini berisi cara memperkenalkan kucing baru ke kucing lama. Terdapat sejumlah kunci yang perlu dipahami Cat lovers, dua yang paling penting adalah identifikasi dan adapatasi.

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Bagi cat lovers, mungkin pernah atau selalu terbersit menambah kucing peliharaan di rumah. Tetapi untuk melakukannya, kamu harus mengetahui sejumlah kunci agar kelak kucing baru dan kucing lama bisa akrab di rumah.

Lalu apa rahasia memperkenalkan kucing baru ke kucing lama agar mereka bisa akur?

Menurut salah seorang pecinta kucing sekaligus YouTuber channel Kucing Om Wepe, Willy Priyoko, rahasia kucing baru dan kucing lama bisa akur adalah harus memahami sifat alami dari kucing. Willy mengatakan bahwa kucing secara alami adalah predator yang cenderung ingin memiliki wilayah tertentu atau teritorial untuk dikuasainya.

Sebagai predator, kucing pun melihat subjek di luarnya sebagai mangsa atau suatu ancaman. Karena itu, kunci pertama memasukkan kucing baru ke lingkungan kucing lama adalah dengan membuat kucing lama tidak over teritorial atau terlalu menguasai lingkungan.

"Jangan biarkan kucing lama jadi predator dan kucing baru menjadi mangsa," ujar Willy, dikutip Ayocirebon.com dari video unggahan channel Youtubenya.

Berhubungan dengan teritorial kucing, tiap kucing punya kecenderungan berbeda. Bila dibanding-banding, kucing dewasa cenderung memiliki atau ingin teritorial dibanding kucing kecil (kitten). Lalu kucing jantan lebih teritorial daripada kucing betina. Begitu juga kucing yang tidak steril dibanging kucing yang sudah disterilkan.

"Yang paling susah adalah memperkenalkan kucing jantan yang tidak steril dengan kucing jantan yang tidak steril juga, itu PR banget. Yang paling mudah memperkenalkan kitten dengan kitten, juga kucing yang sudah steril dengan kitten," kata Willy.

Setelah memahami ihwal sifat alami kucing sebagai kunci identifikasi cat lovers terhadap kucing lama dan calon kucing barunya, cara memperkenalkan kucing baru ke kucing lama adalah memahami bahwa kucing butuh beradaptasi ketika hendak dimasukkan ke lingkungan rumah. 

"Kita harus sadar bahwa kucing membutuhkan waktu untuk beradaptasi dan transisi. Jadi jangan pernah memperkenalkan kucing lama dengan kucing baru dalam konteks situasi yang terburu-buru," kata dia. 

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Bagaimana Hubungan Intim Posisi Lotus?

Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:02 WIB