Link Live Streaming Khutbah Arafah, Bisa Ditonton Mulai Jam 16.30

- Senin, 19 Juli 2021 | 14:50 WIB
Link Live Streaming Khutbah Arafah di manaratalharamain.gov.sa.
Link Live Streaming Khutbah Arafah di manaratalharamain.gov.sa.

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 H jatuh pada Selasa 20 Juli 2021. Sedangkan pada Senin, 19 Juli 2021, bertepatan dengan Hari Arafah 9 Dzulhijjah, Anda dapat mendengarkan khutbah Arafah 2021, 16.30 WIB sore ini. Berikut link live streaming khutbah Arafah 2021 dan cara menontonnya.

Saat Hari Arafah ini, umat Islam yang sedang melaksanakan haji tengah melakukan Wukuf di padang Arafah. Seluruh jemaah haji dari seluruh dunia tersebut berkumpul di padang Arafah untuk menunaikan Wukuf sebagai ibadah puncak haji yang ditunaikan.

Mengerjakan Wukuf menjadi hal yang sangat penting karena merupakan inti dari berhaji. Wukuf diawali dengan mendengarkan khutbah Wukuf atau khutbah Arafah. Kemudian akan dilanjutkan dengan sholat Jama' Taqdim (Sholat Dzuhur dan Ashar), lalu dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan lainnya.

Link Live Streaming Khutbah Arafah 2021

Untuk khutbah Arafah, ternyata tidak hanya umat muslim yang berhaji saja yang bisa mendengarkan. Namun umat muslim di penjuru dunia yang tidak berhaji juga bisa mendengarkan. Pemerintah Arab Saudi telah menyiapkan siaran langsung atau live streaming khutbah Arafah 2021 dalam 10 bahasa.

Dilaporkan Suara.com, umat muslim yang ada di rumah dan ingin mendengarkan khutbah Arafah dapat mendengarkannya secara live melalui manaratalharamain.gov.sa

Terdapat beberapa pilihan bahasa mulai dari Bahasa Inggris, Prancis, dan Melayu. Otoritas Arab Saudi menyebutkan bahwa proyek penerjemahan besar ini dilakukan dari masjid Namira yang berada di padang Arafah, yaitu lokasi para jemaah berkumpul untuk menunaikan ibadah haji. Penerjemahan ini sebenarnya telah dilakukan sejak musim haji 1439 Hijriah.

Melansir laman Al-Ain, khutbah Arafah dalam rangkaian puncak ibadah haji Wukuf di Padang Arafah yang jatuh setiap 9 Dzulhijjah akan disiarkan melalui platform elektronik Al-Haramain dan gelombang radio FM.

Sementara itu, Direktur Jenderal Administrasi Umum Bahasa dan Terjemahan Arab Saudi Insinyur Mashari Al-Masoudi menyatakan inovasi ini memungkinkan para jemaah untuk melakukan ibadah dengan lebih mudah.

Khutbah Arafah akan disiarkan secara langsung dari Masjid Namirah di Arafah pada Senin, 19 Juli 2021 pukul 16.30 WIB. Catat jamnya, jangan sampai ketinggalan! 

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Sri Lanka Bangkrut, Babak Belur Dihajar Utang

Kamis, 23 Juni 2022 | 11:35 WIB