Ridwan Kamil Ngaku Sangat Dekat Anies Baswedan, Siap Maju Pilpres 2024?

- Kamis, 3 Juni 2021 | 14:21 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil [Dokumen Ayobandung.com]
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil [Dokumen Ayobandung.com]

AYOCIREBON.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menceritakan hubungannya dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengaku, ia dan Anies telah berteman lama dan hubungannya sangat terjaga dengan baik.

Dilansir dari Republika.co.id, menurut Kang Emil jalinan hubungan baik yang sama pun, ia lakukan kepada kepala daerah lain. Kang Emil menggarisbawahi, hal ini tanpa ada kaitan sama sekali dengan Pilpres 2024. Seperti diketahui, baik Kang Emil maupun Anies memiliki elektabilitas atau tingkat keterpilihan di papan atas untuk Pilpres 2024 dalam beberapa hasil survei.

Anies Baswedan sebelumnya diketahui mengucapkan selamat di kolom komentar unggahan akun Instagram @ridwankamil mengenai penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 10 kali berturut-turut untuk Pemprov Jabar dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Kang Emil pun mengapresiasi kinerja berbagai pihak termasuk gubernur sebelumnya, Ahmad Heryawan.

Ucapan itu pun ditanggapi oleh Ridwan Kamil yang sama-sama mengucapkan selamat kepada Anies Baswedan. Saling balas apresiasi itu ditanggapi sebagian besar netizen agar keduanya bisa berpasangan pada Pilpres 2024.

Ridwan Kamil menyebut hubungan antara dirinya dan Anies sangat baik. Keduanya, sudah terbiasa saling mengapresiasi kinerja masing-masing. Namun, memang jarang terekspos.

“Entah kenapa oleh media, saling menyapa hari ini selalu ditafsir selalu ada hubungannya dengan (Pilpres) 2024. Padahal sebelumnya juga sama. Kita WA-an. Pak Anies ulang tahun saya posting,” ujar Kang Emil di Bandung, Kamis, 3 Juni 2021.

“Dengan Pak Ganjar (Gubernur Jawa Tengah), saya main. Saling mengapresiasi kan bagus daripada saling diam atau saling mengkritisi tanpa kejelasan. Budaya saling menguatkan sesama pemimpin harus dibangun,” tambah Kang Emil.

Menurut dia, budaya saling menguatkan antarpemimpin bisa berpengaruh positif terhadap masyarakat yang psikologisnya saat ini cenderung mudah bertengkar. Selain itu, menurut Kang Emil, banyak kepala daerah, khususnya gubernur, seperti Anies maupun Ganjar datang satu generasi yang sama dengan dirinya. Ini diakui berpengaruh pada hubungan komunikasi yang mudah terjalin.

“Kami datang sama-sama dari satu generasi, tupoksinya kebetulan sama /ngurus/ daerah, sama-sama gubernur, 50 persen Pak Anies, 50 persen Pak Ganjar, itulah cinta saya kepada beliau-beliau,” katanya.

Halaman:

Editor: A. Dadan Muhanda

Tags

Terkini