Selesai di Cirebon dan Majalengka, Alun-alun Jabar Lainnya Dipercantik hingga 2023

- Selasa, 15 Juni 2021 | 11:54 WIB
Alun-alun Kejaksan. (Ayocirebon.com/Erika Lia)
Alun-alun Kejaksan. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Pemprov Jabar terus berupaya menghadirkan ruang publik ikonik di semua daerah. Menurut Kepala Dinas Permukiman dan Perumahan (Diskimrum) Jawa Barat Boy Iman, Pemprov Jabar manargetkan revitalisasi alun-alun ini dapat terlaksana di 27 kabupeten kota hingga 2023 nanti. 

\"Hal itu sesuai dengan target yang ada di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),\" ujar Boy, dilaporkan Republika.

Saat ditanya soal anggaran, Boy tidak menyebut angkanya. Namun, menurutnya besaran anggaran relatif variatif karena disesuaikan dengan sejumlah hal. Seperti luas alun-alun yang direncanakan beserta fungsi dan perannya. \"Serta kearifan lokal dari setiap kabupaten Kota,\" katanya.

Menurut Boy, program merevitalisasi alun-alun di 27 kabupaten kota tersebut merupakan kegiatan strategis provinsi sebagai bentuk komitmen Gubernur Ridwan Kamil yang telah dituangkan dalam RPJMD.

Hingga 2021 ini, kata dia, pihaknya telah melakukan pembangunan pada alun-alun yang berada beberapa kabupaten kota. \"Antara lain Alun-alun di Kota Majalengka, Alun-alun Kejaksan di Kota Cirebon, Alun-alun Kota Kuningan, Alun-alun Kota Sumedang dan Alun-alun di Parigi Pangandaran,\" kata Boy.

AYO BACA : Sentra UMKM Kini Lengkapi Alun-alun Kejaksan Cirebon

Sedangkan yang sudah fungsional, kata Boy, yaitu Alun-alun Kejaksan di Kota Cirebon, Alun-alun Kota Majalengka dan juga Alun-alun Kota Sumedang. \"Serta Alun-Alun Paamprokan di Pangandaran yg merupakan CSR dari salah satu Dunia Usaha di Pangandaran,\" katanya. 

Saat ini, kata Boy, terdapat alun-alun yang masih dalam proses penyelesaian, seperti Alun-alun Parigi di Pangandaran. Selain itu, juga sedang mengejar pembangunan tahap dua di Alun-alun Kota Kuningan. \"Dan yang akan berproses yaitu Alun-Alun Kota Ciamis, Kota Garut, dan Kota Bogor,\" katanya.

Boy pun memastikan Pemprov Jabar di masa kepemimpinan Gubenur Ridwan Kamil sangat rasional dan proporsional dalam pengalokasian anggaran. Selain itu, alokasi anggarannya pun tidak mengganggu kebutuhan-kebutuhan pokok dan dasar lainnya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini