Inilah 5 Manfaat Mengkonsumsi Petai Bagi Kesehatan

- Jumat, 25 Juni 2021 | 10:19 WIB
Inilah 5 Manfaat Mengkonsumsi Petai Bagi Kesehatan
Inilah 5 Manfaat Mengkonsumsi Petai Bagi Kesehatan

Ayocirebon.com - Petai adalah sebuah panganan yang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Petai bahkan menjadi favorit bagi sebagian masyarakat. Banyak disajikan sebagai lalapan, petai ternyata memiliki segudang manfaat. Petai terkenal karena memiliki dan menyebabkan bau yang khas setelah dikonsumsi. 

Meski begitu, tumbuhan yang termasuk kedalam jenis kacang-kacangan ini memiliki banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Mulai dari serat, lemak, vitamin c, b6, e dan macam-macam kandungan mineral seperti zat besi, kalium, kalsium dan magnesium. Petai juga kaya akan berbagai antioksidan seperti tanin, polifenol dan flavonoid.

Dilihat dari banyaknya nutrisi yang terdapat dalam petai, tidak heran banyak yang menggemari petai. Berikut adalah beberapa manfaat mengkonsumsi petai bagi kesehatan

1. Mengontrol Gula Darah

Dalam ilmu medis, gula darah adalah istilah yang mengacu kepada tingkat glukosa (gula) didalam darah. Gula darah berperan penting untuk mengetahui tingkat kesehatan. Tingkat gula darah yang tinggi dapat menjadi tanda seseorang terkena penyakit berbahaya, salah satunya diabetes. Jika dibiarkan tanpa penanganan, penyakit ini dapat menyebabkan datangnya penyakit-penyakit berbahaya lain sehingga timbul komplikasi.

Petai dapat menjadi satu makanan yang dapat membantu mengontrol gula darah. Hal ini karena petai mengandung kadar antioksidan yang tinggi serta vitamin b6 dan stigmasterol yang mampu menahan lonjakan gula darah. Kandungan ini juga membuat petai baik untuk meningkatkan imun tubuh.

2. Mengatasi Masalah Pencernaan

AYO BACA :

Kandungan lain yang banyak dimiliki oleh petani adalah serat. Konsumsi serat yang cukup dapat melancarkan dan menyehatkan saluran pencernaan agar terhindar dari penyakit sembelit. Serat juga berperan penting dalam membuat anda merasa kenyang lebih lama sehingga dapat menurunkan dorongan untuk makan secara berlebihan. Petai juga memiliki efek semacam antasida alami yang dapat membantu tubuh meringankan rasa nyeri atau mulas di perut.  

Halaman:

Editor: Handy Dannu Wijaya

Tags

Terkini

X